Test Drive XBC 1518 Euro III

{mosimage}Bus Mercedes-Benz XBC 1518 Euro-III terbukti sangat ekonomis dalam konsumsi bahan bakar dan mesin yang handal dalam test drive di Semarang pada tgl. 2 Mei 2008, yang diikuti 20 pengusaha bus  dari Semarang dan Pantura, Jawa Tengah. Kehandalannya mengundang minat dari sebagian besar pengusaha bus untuk menjadikannya sebagai armada operasional dalam bisnis mereka.

 

{mosimage}Mercedes-Benz XBC 1518/59 Euro-III dengan paradigma baru yang mengedepankan desain dan performa mesin yang bertenaga namun sangat ekonomis dalam konsumsi bahan bakar. Hal ini telah dibuktikan pada test drive yang sesungguhnya dengan menempuh rute Jakarta-Yogyakarta melalui jalur menantang Weleri-Sukoharjo-Ngadirojo-Parakan yang penuh tanjakan di sepanjang jalan yang dilalui. 

 

Akselerasi kendaraan saat diuji mulai dari tol Cikampek menyusuri rute Pantura hingga memasuki wilayah Batang terasa ringan dan bertenaga baik pada putaran mesin rendah hingga tinggi. Ujian berat yang sesungguhnya adalah saat memasuki rute Weleri-Kendal hingga Parakan-Temanggung karena disinilah ketahanan mesin diuji melalui medan tanjakan  yang ekstrim disepanjang jalan yang dilalui tanpa terputus. Dengan mesin prima menjadikan bus baru ini dapat melibas tanjakan tanpa hambatan berarti apalagi untuk jalan lapang, kemampuannya masih dapat dibandingkan dengan bus pendahulunya yang jumlah silindernya lebih banyak.

{mosimage}Kinerja sistem suspensinya sanggup mengimbangi akselerasi kendaraan di jalan lurus, tanjakan, maupun  tikungan  dan stabil  dipermukaan jalan yang bergelombang, membuat rombongan penumpang didalamnya tidak terpengaruh banyak dengan kondisi jalan yang dilalui. Setelah sampai tujuan di Yogyakarta perjalanan berlanjut ke Semarang dengan medan tanjakan di Pringsurat-Ambarawa-Ungaran.

Pada test drive kedua di kota Semarang diikuti 20 perusahaan bus di Semarang, Demak, Kudus, Pati dan Pekalongan menempuh rute tanjakan Tanah Putih-Gombel-Tol Tembalang-Tol Manyaran pp. Saat peserta test drive dibawa menanjak  melalui Tanah Putih-Gombel dengan transmisi masuk gigi tiga pun tenaga mesin masih mampu memberikan dorongan kuat pada kendaraan. Begitu pula ketika menyusur turun dari Tol Tembalang hingga Tol Manyaran dan sebaliknya saat kembali ke rute awal, akselerasi kendaraan tetap bertenaga dalam melibas tanjakan tanpa perlu menginjak pedal gas lebih dalam mengingat torsi kendaraan sangat memadai. 

{mosimage}Alhasil beberapa pengusaha bus sempat melontarkan pendapat betapa efisiensi bahan bakar menjadi bagian penting dari kinerja sebuah kendaraan tanpa menaifkan faktor lainnya, apalagi bagi mereka yang bergerak di bisnis transportasi karena akan berpengaruh terhadap biaya operasional dan  margin keuntungan. Dengan adanya test drive XBC 1518 ini para pengusaha bus menemukan kendaraan yang tepat  bagi usaha mereka di tengah situasi sulit saat ini, sebagian besar dari mereka tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini membahas dari sisi teknis dan nilai ekonomis dari kendaraan baru ini bersama para mekanik berpengalaman dari PT.Kalimas AI.

Kelebihan bus ini disamping torsinya yang besar ( 675Nm) meskipun volume silinder mesin hanya 4249cc juga lebih ekonomis dalam konsumsi bahan bakar disamping itu bus generasi type ini dirancang sangat ramah lingkungan ( Euro III ).